Sabtu, 18 November 2017

Uji Wilcoxon Menggunakan Software dan Cara Baca Output

Langkah pertama pengolahan sofware yaitu setelah jendela program SPSS terbuka kemudian memilih variable view. Masukkan variabel pada kolom sebelum perbaikan kualitas dan masukan variable sesudah perbaikan kualitas, dengan decimal 0. Missing untuk kedua variabel adalan none, align untuk kedua variabel adalah right dan measure scale.

Gambar 6.1 Variable View (Wilcoxon)

               Langkah berikutya isilah data dari masing – masing variable yaitu sebelum perbaikan kualitas dan sesudah perbaikan kualitas sesuai dengan data hasil pengamatan. Isilah dengan 20 kali data seperti dibawah ini.
Gambar 6.2 Data Hasil Penjualan Kertas

               Langkah berikutnya dalam pengolahan uji Wilcoxon setelah mengisi sebuah datanya lalu memulai menggunakan SPSS. Pilih atau klik analyze, nonparametric test, kemudian pilih 2 related samples, seperti gambar dibawah ini.
 Gambar 6.3 2 Related Samples

               Isilah two related samples data dengan isi kotak sebelum perbaikan kualitas pada variable 1 dan sesudah perbaikan kualitas pada variable 2. Beri tanda ceklis pada Wilcoxon kemudian klik ok seperti gambar dibawah ini.
Gambar 6.4  Kotak Dialog Two-Related Samples Tests

               Langkah berikutnya setelah klik ok maka Software SPSS akan menampilkan output yang diperoleh berdasarkan pengujian Wilcoxon yang telah dilakukan. Hasil tersebut diantaranya menunjukan negative ranks, positive, ties, dan total antara perbandingan sebelum perbaikan kualitas dan sesudah perbaikan kualitas, yang menunjukan jumlah data setiap variable pada gambar dibawah ini.
Gambar 6.5 Output ranks

               Output selanjutnya dari data diatas adalah test statistics. Gambar berikut merupakan hasil test statistics yang menunjukan nilai pengaruh antara sesudah perbaikan kualitas dan sebelum perbaikan kualitas.

         Gambar 6.6 Output Test Statistics

Analisis Pengolahan Software
               Pengolahan Software diolah dengan menggunakan Software SPSS16. Baik data pada pengujian Wilcoxon maupun chi square pada pengujian jenis kertas dan ketebalan kertas. Berikut adalah analisis dari kedua data tersebut.
            Pengolahan software Wilcoxon terdapat 2 output yaitu rank dan test statistic. Output pertama yang akan dianalisis adalah output ranks. Nilai-nilai yang ada didalam output tersebut adalah nilai yang dihasilkan dari metode pengolahan Wilcoxon. Nilai-nilai tersebut adalah nilai N, nilai mean rank dan sum of ranks dari negative ranks, positive ranks, dan ties.
               Analisa pertama adalah analisa untuk kolom N. Nilai N menyatakan jumlah data tanda jenjang yang dihasilkan dari negative ranks sebanyak 1 angka, angka 1 yang dimaksud adalah banyaknya angka negatif yang terdapat pada perhitungan jenjang sebelumnya. Positive ranks sebesar 17, maksudnya angka positif yang terdapat pada perhitungan jenjang sebelumnya terdapat 17 data. Ties sebanyak 2, ties adalah jumlah data yang sama. dan total 20 adalah angka dari jumlah keseluruhannya, dalam output ini terdapat huruf a, b dan c dibelakang angka,itu dimaksudkan bahwa jika huruf dibelakang angka adalah (a) maka dapat dikatakan bahwa jumlah data setelah dilakukannya perbaikan kualitas  lebih kecil dari sebelum adanya perbaikan, dan jika didapati bahwa huruf dibelakang angka adalah (b) maka dapat dikatakan bahwa jumlah data setelah dilakukannya perbaikan kualitas lebih besar dari sebelum dilakukannya perbaikan kualitas, dan jika didapati huruf dibelakang angka adalah (c) maka dapat dikatakan bahwa tidak adanya perbedaan dari setelah dilakukannya perbaikan kualitas dan sebelum dilakukannya perbaikan (sama). Mean rank adalah peringkat rata-rata dari data pengujian hasil penjualan tiap-tiap kertas. Nilai mean rank yang dihasilkan dari negative ranks sebesar 1,50 artinya nilai rata-rata yang dihasilkan dari negative rank dan positive ranks sebesar 9,97 artinya nilai rata-rata yang dihasilkan dari positive rank. Sum of ranks adalah jumlah dari peringkat tersebut yang dihasilkan dari negative ranks sebesar 1,50, artinya nilai jumlah dari peringkat yang dihasilkan negative rank dan positive ranks sebesar 169,50, artinya nilai jumlah dari peringkat yang dihasilkan  positive rank.
          Output kedua yang dianalisis adalah  output test statistics. Nilai Z menghasilkan angka sebesar -3,663a, huruf a tersebut mengartikan bahwa nilai tersebut berdasarkan peringkat negative. dan angka signifikan yang didapatkan sebesar 0,000, hal ini berarti probabilitas yang dihasilkan sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan terdapat penerimaan dari H1, karena angka tersebut berada dibawah 0,05 artinya antara jenis kertas dan ketebalan kertas terdapat perbedaan dari hasil penjualannya.

Sumber : Dedi Setiawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar