Minggu, 23 April 2017

Museum Rumah Wayang 2 Slawi-Tegal

Sebelumnya udah pernah dengar rumah wayang yang ada di daerah Tegal ? Kalau kalian maen ke Tegal dan maen ke rumah Bupati Tegal kalian akan liat koleksi-koleksi berbagai macam wayang.Karena sebenarnya itulah koleksi buat Bapak Bupati untuk menghibur warga yang sedang membutuhkan atau untuk menghadiri undangan-undangan pernikahan atau sejenisnya,karena sebelum menjabat sebagai bupati Ki Enthus Susmono adalah seorang dalang ternama di daerah tegal dan bahkan udah seluruh indonesia. Langsung saja ke topik pembahasan mengenai rumah wayang 2 yang berada di Slawi tepatnya rumah dinas Bupati.
 Rumah Wayang 2 ini merupakan "cabang" dari Rumah Wayang yang ada di Bengle Talang Tegal. Rumah Wayang 2 ini didirikan semenjak Ki Enthus Susmono menjadi Bupati Tegal dan pindah ke Rumah Dinas (Rumdin) Bupati yang ada di Slawi. Sehingga lokasi Rumah Wayang 2 ini berlokasi di areal rumah dinas beliau. Namun meskipun sebagai rumah dinas, lokasi ini bisa dikunjungi untuk umum.

Koleksi-koleksi yang dihadirkan pun tidak jauh berbeda dengan yang ada di Bengle, namun jika kita perhatikan, koleksi-koleksi yang ada di Rumah Wayang 2 lebih baru dan berwarna dan biasanya koleksi tersebut yang sering digunakan Ki Enthus ketika mendalang.
Rumah Wayang yang memiliki luas sekitar 6 x 6 meter ini menyimpan ribuan  wayang baik gaya tradisi maupun kontemporer, mulai wayang kulit, wayang golek, wayang santri, wayang bambu, wayang kreasi, ada juga aksesoris seperti jenis-jenis keris, topeng, batik tegalan,  lukisan dunia pewayangan, senjata-senjata khas dunia pewayangan, foto-foto Ki Enthus, gamelan, dan masih banyak koleksi lainnya yang sayang untuk dilewatkan.
Jika ingin mengetahui proses pembuatan wayang baik itu wayang kulit maupun wayang golek, disinipun informasinya lengkap. Terdapat tahapan demi tahapan proses pembuatannya mulai bahan baku hingga menjadi wayang yang siap dimainkan. Di tempat ini juga kita bisa praktek langsung cara membuat wayang juga lho.
Bagi yang menganggap bahwa wayang itu kuno, jika berkunjung ke tempat ini pasti akan dibuat terpesona dengan banyaknya ragam wayang yang mengikuti perkembangan jaman, sebut saja seperti Tom and Jerry, Upin dan Ipin, dan tokoh-tokoh dunia lainnya. Terlebih dengan suasana yang jauh dari keramaian akan membuat kita hikmat untuk melihat koleksinya satu persatu. Setiap koleksi juga diberi nama dan penjelasan singkat agar lebih mudah untuk mempelajarinya
Dinding Rumah Wayang 2 terbuat dari gribig (dinding dari anyaman bambu ) dan lantainya masih menggunakan paving block. Karena di dalam ruangan tersebut banyak benda-benda yang mudah terbakar, maka tidak diperkenankan untuk merokok di dalamnya.

Selain melihat koleksi wayang, ada juga set gamelan yang bisa digunakan, namun tentu saja dengan ijin terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga pada saat itu. Set gamelan tersebut ada di Pendopo Rumdin, di pintu masuk Pendopo terdapat sebuah kereta kencana yang cocok untuk berfoto-foto.
Tidak ada biaya khusus untuk melihat-lihat Rumah Wayang 2. Karena memang terbuka untuk umum, dan biasanya rame pada saat sore hari. Karena tepat di sebelah barat Rumdin terdapat lapangan yang digunakan warga sekitar untuk beraktifitas.
Sembari mengajak buah hati atau kawan berjalan-jalan di Slawi, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di Rumah Wayang 2 ini karena selain menyenangkan kita juga akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang wayang.

 Museum 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar