Sabtu, 14 Oktober 2017

GEOPOLITIK DAN CONTOHNYA

Nama : Dedi Setiawan
Npm : 31416775
Universitas : Universitas Gunadarma
Dosen : Ahmad Nasher S.I.Kom,MM

A.    PENGERTIAN GEOPOLITIK SECARA UMUM
Geopolitik berasal dari bahasa Yunani, yaitu berasal dari kata “geo”, “polis” dan “teia”.Ketiga istilah tersebut memiliki arti sebagai berikut :
-          Geo : bumi
-          Polis : kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri atau negara
-          Teia : urusan (politik) yang bermakna kepentingan umum warga negara suatu bangsa.  
Politik juga dapat diartikan sebagai segala urusan dan tindakan mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain.
Dari berbagai pengertian tersebut, kita bisa menarik kesimpulan bahwa geopolitik sangat erat kaitannya dengan persoalan wilayah teritorial, keadaan geografis, sejarah, ilmu sosial, politik, strategi, dan kebijaksanaan. Jadi, setiap negara di dunia ini memiliki prinsip geopolitik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini disebabkan karena kondisi wilayah dan tujuan negara yang berbeda-beda.
Selain itu juga, geopolitik dapat dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang tiap-tiap kebijakannya dikaitkan dengan berbagai masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa.
      Dalam Geopolitik, negara terbagi menjadi 2 yaitu negara determinis dan negara posibilitis. Lalu apa perbedaan negara determinis dengan negara posibilitis ? Berikut adalah perbedaannya : 
  • Negara determinis : negara yang letak geografinya memengaruhi peta politik negara tersebut. Negara dalam kondisi geografis seperti ini umumnya berada pada wilayah yang diapit dua negara besar (adidaya) sehingga terjadi pengaruh politik atas kebijakan kedua negara adidaya/adikuasa tersebut. 
  • Negara posibilitis : negara yang tidak terpengaruh secara dominan dari negara yang berada di sekitarnya meski saling berdekatan. Negara posibilitis umumnya hanya berkaitan dengan berbagai faktor internal, seperti ideologi, sosial, budaya, dan militer.
B.     PERANAN GEOPOLITIK BAGI SUATU NEGARA
 Berdasarkan penggolongan negara, wilayah geografis merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah negara. Hal ini juga erat kaitannya dengan peranan geopolitik itu sendiri, yaitu :
  • Menentukan bentuk dan corak politik luar dan dalam negeri. 
  • Membuat relasi kekuasaan negara berdasarkan potensi alam dan kondisi geografis negara tersebut.
  • Berusaha menghubungkan kebijaksanaan suatu pemerintahan dengan situasi dan kondisi      alam. 
  • Menggariskan berbagai pokok haluan negara, seperti pembangunan nasional.
  • Membenarkan berbagai tindakan ekspansi yang dijalankan oleh suatu negara. 
  • Meningkatkan posisi dan kedudukan negara berdasarkan teori negara sebagai organisme serta teori politik lainnya.

C.    CONTOH GEOPOLITIK
Dari pengertian diatas maka dapat disimpulkan bahwa setiap bagian memiliki geopolitik yang berbeda-beda. Geopolitik Timur Tengah, itu yang akan dibahas, karena sangat banyak sekali isu-isu yang menyinggung tentang geopolitik timur tengah ini. Sangat banyak contoh-contoh yang dapat kita ambil yang membuktikan bahwa ini bersangkutan dengan geopolitik. 
  • Pertama, ada masalah senjata pemusnah massal atau weapons of mass destruction (WMD). Senjata ini adalah nuklir, sebenarnya tidak hanya nuklir, tetapi senjata itu dapat terbuat dari biologi, nuklir, dan kimia (Nubika). Isu ini sangat mengemuka dewasa ini di Timur Tengah. Dipersulit lagi senjata ini di akui oleh Iran yang menurut sumber Iran mendeklarasikan bahwa ia dapat memperkaya uranium. 
  • Kedua, ada masalah dengan garis perbatasan. Masalah ini sangat hangat dibicarakan tidak hanya di daerahnya, namun dunia juga digemparkan dengan adanya masalah ini. Contoh dari masalah ini adalah konflik Palestina dengan Israel.
  • Ketiga, ada masalah minyak bumi. Kenapa minyak bumi? Lagi-lagi karena disalahgunakan penggunaannya. Pada awalnya minyak bumi di gunakan sebagai bahan bakar kapal dan dengan berjalannya waktu, minyak bumi sangat banyak dibutuhkan dimanapun. Negara-negara Timur Tengah mendominasi produksi minyak bumi. Pada era baru ini Industri banyak menggunakan minyak bumi sebagai bahan dasar energinya. Saat ini yang menjadi masalah adalah kasus Arab-Israel yang menggunakan minyak bumi sebagai bahan dasar energi senjata. 
  • Keempat, kita mendapati masalah perdagangan senjata. Menurut sumber, Amerika adalah salah satu pemasok senjata ke Timur Tengah. Faktor terbesar adalah faktor ekonomi, banyak yang dibawah rata-rata, maka dari itu mereka melakukan perdagangan ini dengan tujuan memenuhi ekonominya. Senjata sendiri dibagian Timur Tengah memiliki kualitas yang terbilang rendah, maka dari itu perdagangan senjata dilakukan. Khawatirnya, jika perdagangan ini terus dilakukan akan mengakibatkan konflik akibat persaingan senjata.
  • Kelima, ada masalah migrasi dan pengungsian. Kasus ini dapat disebabkan oleh banyak faktor yaitu pertikaian, kemiskinan, kelaparan, lapangan kerja, dan sebagainya. Pasti sangat membingungkan, lalu apa masalahnya? ya, masalahnya adalah apakah mereka akan diterima oleh negara tersebut? Bagaimana jika tidak? Pasti akan terjadi konflik besar-besaran. 
  • Terakhir, kita mendapati masalah produksi dan perdagangan Narkotika. Kasus ini adalah kasus terbesar di setiap negara, karena hampir setiap negara memiliki masalah yang sama. Kasus ini sangat erat sekali dengan terorisme, kriminalitas, korupsi, dan sebagainya. Menurut sumber, negara yang memproduksi Narkotika terbesar terletak di Timur Tengah.
Dari contoh di atas sangat banyak masalah yang bersangkutan dengan geopolitik. Dapat kita simpulkan bahwa di Timur Tengah banyak permasalahan yang belum terselesaikan. Setidaknya kita dapat menyelesaikan masalah geopolitik dengan cara lebih bertanggungjawab, bersosial, tidak individual, dan banyak lagi cara yang lain. Peran-peran organisasi juga bisa berperan banyak dalam hal ini.

Kesimpulan : Geopolitik yaitu sangat erat kaitannya dengan persoalan wilayah teritorial, keadaan geografis, sejarah, ilmu sosial, politik, strategi, dan kebijaksanaan. Jadi, setiap negara di dunia ini memiliki prinsip geopolitik yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal ini disebabkan karena kondisi wilayah dan tujuan negara yang berbeda-beda. Selain itu juga, geopolitik dapat dimaknai sebagai ilmu penyelenggaraan negara yang tiap-tiap kebijakannya dikaitkan dengan berbagai masalah geografi wilayah atau tempat tinggal suatu bangsa. Dalam geopolitik negara dibedakan menjadi dua yaitu negara determinis yaitu negara yang dipengaruhi letak geografinya dan negara posibilitis yaitu negara yang di pengaruhi oleh negara yang di sekitar meskipun berdekatan sekalipun. Geopolitik memiliki banyak peranan bagi suatu negara diantaranya menentukan bentuk dan corak, menggariskan haluan negara dan masih banyak lainnya. Contoh konflik geopolitik yang sedang terjadi yaitu di Timur Tengah dan semua itu terjadi karena banyak kemungkinan alasan seperti perbatasan garis, masalah ekonomi dll.

Sumber :

https://www.kompasiana.com/malik-athafarras/masalah-geopolitik-yang-tidak-rampung_5668ce3c999373370f566dd0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar