Jumat, 24 Maret 2017

Makanan Kesukaan

Kali ini saya akan membahas makanan kesukaanku dari Ibu aku.Sebenernya masakan kesukaan saya ada banyak banget seperti contoh sayur asem,sop kikil,semur entog,semur tongkol,kepala ikan dan masih banyak lagi lainnya.Apalagi kalau dirumah lagi ada acara atau lebaran masakan kesukaanku muncul semua disitu atau bisa dibilang hampir semua masakan ibu saya itu kesukaan aku tapi ada satu yang mungkin tidak bisa diungkapkan demgan kata-kata soalnya pertama kali ngerasain saja sudah jatuh cinta (Kalau kata orang tuh pandangan pertama) dan masakan itu juga yang selalu aku kangenin setiap lagi diperantauan seperti saat ini LL(duuhh kan jadi sedihh..) padahal masakannya sederhana dan mungkin kalau harga beli mentahnya saja terjangkau lah.Masakan tersebut yaitu sayur kepala ikan tapi bukan seperti sayur hampir ke semur tapi pakai santan.Kalau ibu sudah masak masakan tersebut bisa lupa daratan, karena rasanya itu seperti kita melihat pemandangan sakura yang sedang berguguran di jepang HAHA sumpah rasanya enak banget *Kanjadingilerdeh.. JHmmm..soal rasa emang jangan ditanya antara manis pedas asin campur jadi satu. Apalagi kalau pakai ikan segar dan baru dipanggang, rasanya bukan main...rempah-rempahnya berasa banget.Padahal mungkin di warung-warung banyak yang jualan tapi menurutku rasanya tidak seenak masakan ibu aku ini.Biasanya kalau ibu aku masak masakan ini bisa menghabiskan nasi dua piring HAHA.. apalagi kalau masakan baru matang terus pakai nasi hangat sudah tidak bisa dibayangkan lagi rasannya.

Berikut saya kasih bahan-bahan dan cara membuatnya :
1.     Kepala ikan 2 (biasanya pakai kepala ikan yang kaya kepala buaya,tidak tau namanya)
2.     Bawang merah
3.     Tomat
4.     Cabai
5.     Sereh
6.     Lengkuas
7.     Daun salam
8.     Santan
9.     Garam
10.  Gula
11.  Ketumbar
12.  Bawang putih
13.  Kemiri
14.  Kunyit
15.  Jahe
16.  Penyedap rasa
17.  Kecap

Cara Masaknya :
Masukan minyak dan didihkan kemudian masukan bawang merah sampai setengah matang,masukan bumbu yang sudah di haluskan (garam,ketumbar,bawang putih,kemiri,kunyit dan jahe) aduk-aduk sampai harum setelah itu masukan penyedap rasa,gula cabai,tomat,serai,salam dan lengkuas.Setelah semua dimasukan selanjutnya masukan santan dan kecap aduk-aduk sampai mendidih barulah masukan kepala ikan tunggu sampai air santan surut, sebelum disajikan icip-icip terlebih dahulu rasanya.Makanan siap dihidangkan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar